Cara Mempercepat Booting Windows 10

Cara mempercepat booting Windows 10 Pro 64 bit dan 32 bit tanpa upgrade dari HDD ke SSD sebenarnya bisa untuk dilakukan, namun tidak secepat jika di laptop/PC menggunakan SSD tentunya. Apalagi di tahun 2020 ini banyak sekali laptop/PC dengan spesifikasi penggunaan SSD.

Untuk laptop/PC yang lama sekali saat booting tidak perlu khawatir karena berikut ini akan kita bahas bagaimana cara mempercepat booting di Windows 10 yang kamu miliki.

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang benar agar Windows 10 kamu tetap ringan, cepat, dan anti lemot saat booting. Simak penjelasan dan langkah-langkahnya berikut ini:

1. Mengurangi Durasi Boot Timeout

Cara mempercepat booting Windows 10 yang pertama adalah dengan mengurangi durasi booting di laptop/PC saat pertama kali dihidupkan. Hal ini bertujuan agar ketika sewaktu Windows muncul, loadingnya tidak akan terasa begitu lama ketika akan menampilkan desktop.

Untuk settingan default biasanya booting berdurasi sekitar 30 detik dan ini merupakan durasi yang cukup lama untuk laptop/PC. Akan tetapi untuk pengguna yang tidak terlalu sering mengkonfigurasi Windows tidak ada salahnya untuk mengurangi durasi booting ini. Bagaimana caranya?

  • Langkah pertama silahkan masuk ke menu “Control Panel”, lalu klik “System”, dan kemudian klik “Advanced System Settings”.

  • Langkah kedua masuk ke tab “Advanced”, lalu pada tab “Startup and Recovery” silahkan kamu klik “Setting”.
  • Langkah ketiga pada jendela “Startup and Recovery”, dan pada opsi “Time to display list of operating systems:” ganti angka 30 menjadi 10 seconds, dan terakhir tinggal klik “OK”.

  • Silahkan “Restart” pada laptop/PC kamu untuk dapat merasakan efek settingan ini pada saat menampilkan boot menu.

Baca Juga: 2 Cara Download APK Di Laptop (Untuk Android Terbaru)

2. Matikan Efek Transparan

Cara mempercepat booting Windows 10 yang kedua adalah dengan matikan efek transparan pada start menu dan taskbar di laptop/PC. Hal ini bertujuan agar dapat menghemat pemakaian resource hingga system terasa lebih ringan dan cepat.

Karena resource pada efek transparan ini akan memakan cukup banyak ruang pada RAM di laptop/PC kamu. Nah Bagaimana caranya mematikan fitur ini?

  • Yang pertama pergi ke menu “Settings” dengan menekan tombol “Gear” di sebelah pojok kiri bawah, lalu pilih “Personalization”, dan setelah itu klik menu “Color”. Pada opsi “Transparency effects” geser tombol hingga menjadi “Off”.

  • Setelah “Transparency effects” dimatikan, perubahan pada menu start dan taskbar tidak lagi menjadi transparan dan ini dapat membantu dalam kecepatan waktu booting nantinya.

Lihat Juga: 3 Cara Menambah RAM Laptop (Lengkap dengan Gambar)

3. Matikan Efek Animasi

Cara mempercepat booting Windows 10 yang ketiga adalah dengan mematikan efek animasi di laptop/PC kamu. Hal ini bertujuan agar dapat menghemat pemakaian resource hingga system terasa lebih ringan dan cepat.

Karena resource pada efek transparan ini akan memakan cukup banyak ruang pada RAM di laptop/PC kamu. Nah Bagaimana caranya mematikan fitur ini?

  • Langkah pertama silahkan masuk ke menu “Control Panel”, lalu klik “System”, dan kemudian klik “Advanced System Settings”.

  • Langkah kedua masuk ke tab “Advanced”, lalu pada tab “Performance” silahkan kamu klik “Setting”.
  • Langkah ketiga pada jendela “Visual Effects”, dan pada opsi “Adjust for best performance” berikan centang, dan yang terakhir tinggal klik “OK”.

cara mempercepat booting windows 10

4. Matikan Startup Program

Cara mempercepat booting Windows 10 yang keempat adalah dengan mematikan startup program di laptop/PC kamu. Hal ini bertujuan agar saat laptop/PC kamu dihidupkan, Windows tidak lagi memuat program-program yang aktif sesaat setelah masuk ke desktop.

Karena semakin banyak program startup yang aktif pada desktop itu artinya waktu yang dibutuhkan agar komputer siap untuk digunakan akan semakin lama. Nah Bagaimana caranya mematikan program ini?

  • Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu “Task Manager” dengan cara klik kanan pada “Taskbar”, lalu kemudian pilih “Task Manager”.
  • Langkah kedua masuk ke tab “Startup”, lalu dari daftar program yang dimuat dan silahkan pilih program yang tidak perlu dengan cara klik “Disabled”.

  • Ulangi langkah diatas hingga semua program startup yang tidak kamu butuhkan dimatikan seluruhnya. Semakin sedikit program startup yang ada, itu akan membuat Windows 10 kamu semakin cepat pada saat dihidupkan.

Baca Juga: Cara Remote Desktop Windows 10 di PC atau Android

5. Matikan Fitur Tips Tricks Suggestion

Cara mempercepat booting Windows 10 yang kelima adalah dengan mematikan fitur Tips Tricks Suggestion di laptop/PC kamu. Karena fitur Tips tricks suggestion merupakan fitur yang kebanyakan tidak terlalu dibutuhkan pada saat mengoperasikan Windows 10. Nah Bagaimana caranya?

  • Yang pertama klik tombol “Start”, lalu klik menu “Settings”, dan kemudian lanjutkan dengan memilih opsi menu “System”.
  • Yang kedua, pada “Notifications and actions” silahkan matikan fitur ini dengan menghilangkan “Centang” pada tab “Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows”.

6. Mengganti Settingan Power Plan

Cara mempercepat booting Windows 10 yang keenam adalah dengan Mengganti Settingan Power Plan di laptop/PC kamu. Hal ini bertujuan agar settingan pada power plan tidak mempengaruhi performa Windows 10.

Pada saat berada mode Power saver plan aktif, maka secara otomatis Windows akan menurunkan performa dengan mengurangi daya CPU dan Memory untuk menghemat daya baterai. Nah Bagaimana caranya mematikan program ini agar performa Windows 10 tetap stabil dan cepat?

  • Langkah pertama masuk ke menu “Control Panel”, kemudian pilih “Hardware and Sound”, lalu pilih “Power Option”.
  • Langkah kedua klik opsi “Change Plan Settings”.

  • Langkah ketiga klik “Change Advanced Power Settings”.

  • Lalu pada jendela yang muncul pilih salah satu antara “Balanced” atau “High Performance”, dan yang terakhir klik “OK”.

  • Saat laptop/PC dalam keadaan tidak tercharger, maka sebaiknya untuk menggunakan settingan “Balanced” saja karena dapat menghemat baterai laptop/PC kamu, namun jika menggunakan settingan “High performance” baterai dapat dengan cepat terkuras.

7. Mengaktifkan Fitur Fast Startup

Cara mempercepat booting Windows 10 yang keenam adalah dengan mengaktifkan Fitur Fast Startup di laptop/PC kamu. Fitur Fast Startup ini pertama kali diperkenalkan pada Windows 8, dan secara default fitur ini juga dapat diaktifkan pada Windows 10.

Fitur Fast Startup sangat berguna untuk mempercepat waktu booting pada Windows 10. Nah Bagaimana caranya mengaktifkan fitur ini agar performa Windows 10 saat booting?

  • Langkah pertama masuk ke menu “Control Panel”, kemudian pilih “Hardware and Sound”, lalu pilih “Power Option”, lalu kemudian klik “Choose what the power buttons do”.

  • Yang kedua agar dapat mengaktifkan fitur ini silahkan kamu klik “Change settings that are currently unavailable”.

  • Langkah terakhir beri tanda centang opsi “Turn on fast startup (recommended)”.

Baca Juga: 4 Cara Update Driver Laptop Windows Terbaru

Dan itulah tadi bagaimana cara mempercepat booting Windows 10 Pro 64 bit atau 32 bit yang dapat kamu praktekkan di laptop/PC tahun 2020 ini.

Dengan menggunakan cara-cara diatas bisa dipastikan Windows 10 kamu yang awalnya lama sekali saat booting menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment