Cara Menambah RAM Laptop

Mungkin beberapa diantara kalian bertanya, mengapa menambah RAM laptop? Apa manfaatnya? RAM bertugas menyimpan data dan proses agar bisa diakses dengan sangat cepat oleh CPU. Idealnya semakin besar jumlah RAM maka laptop akan semakin cepat dan responsif.

Seperti ketika kalian membuka banyak program sekaligus, terkadang kesal karena laptop terasa lambat dan akhirnya close program. Salah satu penyebab kenapa laptop lemot yaitu kurangnya kapasitas RAM yang dibutuhkan prosesor untuk menyimpan data program sementara.

Berikut cara menambah RAM laptop dan tips sebelum menambah RAM tanpa membeli. Cara ini bisa digunakan pada berbagai jenis laptop mulai dari Asus, Acer, Dell, Samsung, hingga Macbook yang menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Tips Sebelum menambah RAM

cara menambah ram laptop windows 10

Agar mendapatkan performa maksimal, tentu saja kalian harus menambah kapasitas RAM di laptop. Namun, kalian tidak bisa sembarangan menambahnya karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips sebelum menambah RAM, check this out!

Baca Juga: Cara Remote Desktop Windows 10 di PC atau Android

  • Slot RAM tidak disolder permanen

Ini adalah syarat paling mutlak yang harus dipenuhi. Beberapa produsen laptop biasanya menyolder RAM secara permanen (on board) di motherboard. Jenis laptop RAM on Board tidak bisa ditambahkan karena RAM sudah tertanam langsung di mainboard dan tidak bisa diganti.

Ciri laptop bertipe RAM on Board adalah bentuk laptop tipis seperti contoh ASUS X401U, ASUS Notebook X200MA-KX438D, Acer. Namun jika terdapat dua slot dan hanya satu slot saja yang disolder, maka kalian dapat menambah RAM di slot lainnya.

  • Ada slot kosong

Kebanyakan laptop saat ini dibekali dengan dua slot RAM, dimana salah satu diantaranya masih kosong. Kalian dapat mengisi slot kosong tersebut dengan RAM tambahan. Jika laptop tersebut hanya tersedia satu slot atau sudah terisi keduanya, maka RAM bisa diganti.

  • Cek kompatibilitas laptop

Setiap laptop biasanya akan memberikan informasi berapa kapasitas RAM maksimal yang bisa dipasang di dalamnya. Hal ini sangat penting agar jangan sampai kalian memasang RAM 16GB padahal laptop tersebut hanya mampu menampung RAM hingga 8GB.

  • Menentukan transfer rate

Selain jenisnya, RAM juga memiliki transfer rate yang berbeda-beda. Transfer rate ini biasanya dituliskan dengan kode PC 12800, PC 10600, PC 5600, dan sebagainya. Semakin besar angkanya, maka semakin cepat pula RAM tersebut ketika digunakan.

Jika laptop kalian memiliki dua slot RAM, pastikan untuk membeli RAM dengan kecepatan transfer rate yang sama.

Jika kecepatannya berbeda, maka sistem biasanya akan menyesuaikan dengan kecepatan transfer rate RAM terendah. Hasilnya, performa justru akan menjadi lambat.

  • Tentukan jenisnya

Saat ini terdapat beberapa jenis RAM yang digunakan pada laptop, seperti DDR2, DDR3, DDR4, dan lainnya.

Ketahuilah terlebih dahulu jenis RAM pada laptop kalian agar tidak salah beli karena setiap jenis RAM memiliki pin berbeda dan hanya bisa digunakan pada slot sama.

  • Tentukan ukurannya

Tips sebelum masuk ke cara menambah RAM laptop adalah menentukan ukuran RAM tersebut. Jika saat ini satu slot telah diisi dengan RAM 4GB, maka sangat disarankan untuk mengisi slot lain dengan ukuran yang sama.

  • Sistem Operasi Laptop

Baik Linux atau Windows, kedua sistem operasi ini memiliki batasan dalam membaca memori. Misal Windows 10 32 bit hanya mampu membaca RAM sampai 4GB, sementara versi 64 bit bisa mencapai 128GB. Jika menambah lebih, maka hanya akan terbaca batas maksimalnya saja.

Baca Juga: 4 Cara Update Driver Laptop Windows Terbaru

Cara menambah RAM Laptop

Nah, setelah tips sebelum menambah RAM diatas sudah kalian ketahui dan memastikan semuanya. Maka kalian bisa simak cara menambah RAM laptop berikut ini.

1. Mengganti Spare Part RAM

Cara menambah RAM laptop pertama yaitu dengan mengganti spare part RAM. Contoh disini menggunakan Asus Transformer Book Flip TP500L, tetapi cara menambah RAM dengan jenis merk laptop lainnya tidak berbeda jauh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka semua cover bagian belakang laptop dengan bantuan obeng, lepas semua sekrup dan letakkan di tempat yang mudah ditemukan. Buka bagian belakang laptop dengan bantuan pick gitar atau benda tipis lainnya seperti kartu bekas.

  • Renggangkan semua sisi cover belakang dengan pick gitar atau kartu bekas. Kalian harus berhati-hati jangan sampai mematahkan plastik pengunci cover tersebut.

  • Setelah cover belakang terbuka, kalian akan melihat seluruh komponen hardware laptop. Cari lokasi RAM kalian karena posisi RAM setiap tipe laptop berbeda. Gambar dibawah RAM terletak di bawah cover pelindung ini.

  • Sebelum melakukan dan menyentuh komponen apapun, pastikan kalian lepas dulu pin konektor baterai (untuk laptop dengan baterai tanam) atau cukup lepas baterai sebelum back cover dibuka (untuk laptop dengan baterai terpisah).

  • Ini penting untuk memastikan tidak ada aliran listrik di komponen hardware laptop. Di laptop ini caranya cukup tarik ke belakang pengunci konektor, lalu tekan ke atas dengan menggunakan obeng. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada pin konektor patah.

  • Berikutnya kalian tinggal memasang RAM baru pada slot memori kosong dan menggabungkannya dengan RAM yang sudah ada. Jika tambahan slot memori ekstra tidak ada, maka ganti RAM lama dengan RAM baru dengan kapasitas lebih besar.

  • Jika posisi RAM di belakang cover pelindung, lepas saja cover pelindung dan kalian akan menemukan satu slot memori kosong.

  • Kini tinggal masukkan RAM baru ke slot tersebut. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna, tekan hingga terkunci dan berbunyi klik.

  • Setelah terpasang, kembalikan lagi seperti semula, cover pelindung RAM dan pin konektor baterai laptop.

  • Sebelum menutup cover belakang laptop, pastikan dulu RAM terpasang dengan benar dan terdeteksi dengan baik. Nyalakan laptop dan lihat apakah laptop bisa berjalan normal dan RAM terdeteksi tanpa masalah.

  • Jika tidak ada masalah, tutup lagi cover belakang laptop dan kunci dengan mengencangkan semua sekrup.

cara menambah ram laptop

  • Kini proses menambah RAM di laptop sudah selesai. Laptop awalnya 4GB sudah menjadi 12GB dan benar-benar semakin kencang Program berat yang sebelumnya terasa lambat kini jadi makin responsif.

2. Secara Virtual

Jika kalian tidak ingin menambah RAM fisik, maka cara menambah RAM laptop kedua dengan menambah virtual memory. Virtual Memory merupakan memori ‘pinjaman’ dari harddisk untuk membantu kinerja dari RAM. Namun, akan mengurangi kapasitas harddisk.

  • Buka Windows Explorer. Klik kanan pada ‘My Computer’, lalu pilih ‘Properties’. Pilih opsi ‘Advanced system settings’ pada kolom sebelah kiri.

  • Beralih ke tab Advanced lalu klik tombol Settings yang ada di bawah kategori Performances.

  • Beralih lagi ke tab ‘Advanced’ lalu klik tombol ‘Change’ di bawah kategori ‘Virtual Memory’.

  • Hilangkan ceklis pada opsi “Automatically manage paging file size for all drivers”. Pilih partisi yang digunakan untuk virtual memory. Masukan jumlah virtual memory, contohnya 4000 MB untuk Initial size dan 8000 MB untuk Maximum size. Klik ‘OK’.

Keterangan:

  1. Initial size (MB): adalah kapasitas minimal (awal) yang dialokasikan, sebaiknya di isi dari setengah kapasitas ram anda. Misal ram laptop 4GB, jadi masukan initial size nya 2GB
  2. Maximum size (MB): adalah kapasitas maksimal penyimpanan yang di alokasikan untuk virtual ram. Saran saya masukan sesuai dengan kapasitas ram. Misal RAM anda 4GB jadi masukan saja 4GB.
  • Kemudian, restart laptop kalian.

Cara menambah RAM laptop diatas dicoba pada laptop dengan RAM 2GB menjadi 4GB. Yaitu 2GB RAM asli dan 2GB RAM virtual. Perlu diingat bahwa RAM virtual fungsinya tetap sama namun tidak secepat RAM asli. Karena kecepatan read and write ram sangat tinggi.

Cara tersebut bisa digunakan pada berbagai jenis laptop atau pc mulai dari Asus, Acer, Dell, Samsung, hingga Macbook yang menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Baca Juga: 4 Cara Extract File Mudah dengan Windows dan Android

3. Menggunakan ReadyBoost

Cara menambah RAM laptop terakhir yang dapat dicoba dengan menggunakan fitur ReadyBoost. Jika virtual memory meminjam kapasitas hard disk, maka ReadyBoost ini akan meminjam kapasitas dengan flashdisk, SD card, dan memori eksternal lainnya. Check it out!

  • Hubungkan USB flashdisk ke laptop. Ketika muncul AutoPlay, pilih opsi ‘Speed up my system’.
  • Jika AutoPlay tidak muncul, silahkan klik kanan pada flashdisk tersebut lalu pilih ‘Properties’. Setelah jendela Properties terbuka, beralihlah ke tab ‘ReadyBoost’.
  • Jika kalian ingin menggunakan semua kapasitas flashdisk untuk ReadyBoost, silahkan pilih opsi ‘Dedicate this device to ReadyBoost’.

  • Jika hanya ingin menggunakan sebagian, silahkan pilih opsi ‘Use this device’ lalu masukkan kapasitas yang ingin digunakan. Setelah selesai, klik tombol ‘OK’.

Apabila ReadyBoost belum aktif, dimana terdapat tulisan “This device cannot be used for ReadyBoost” seperti gambar di bawah ini, kalian perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatur setelan tersebut.

  • Buka ‘Control Panel’. Klik ‘System and Security’, lalu pilih ‘Properties’. Pilih opsi ‘Advanced system settings’ pada kolom sebelah kiri.

  • Kemudian klik ‘Administrative Tools’.

  • Klik Services, kemudian klik kanan, pilih ‘Open’.

  • Berikutnya, pilih ‘Superfetch’ dan klik kanan, pilih ‘Properties’.

  • Pada Tab ‘General’, klik ‘Startup type’ dan pilih ‘Automatic’. Lalu klik ‘Apply’ dan klik ‘Start’. Kemudian klik ‘OK’.

Apabila kalian ingin melepaskan flashdisk dari laptop, maka harus mengembalikan pengaturan seperti semula. Ingat selalu untuk Eject flashdisk sebelum mencabutnya.

Pelajari Juga: 3 Cara Membuka Password RAR (100% Ampuh)

Bagaimana cara menambah RAM laptop diatas sangat menarik bukan? Menambah RAM secara virtual dan dengan ReadyBoost merupakan cara alternatif tanpa membeli RAM. Sehingga fungsinyapun sebatas mengatasi close program atau memori penuh.

Namun tidak akan secepat dan sebaik menggunakan RAM asli. So, jika sudah memiliki budget untuk upgrade, sebaiknya kalian menambah RAM asli agar efek performa lebih terasa.

Leave a Comment