Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 memang sering kali terjadi. Biasanya hang pada laptop ini terjadi ketika Saat Baru Dinyalakan, sistem yang Tidak Bergerak, laptop yang Tidak Bisa Dimatikan, Not Responding, dan lain sebagainya.

Lalu Bagaimana cara memperbaiki laptop/PC yang tiba-tiba hang Saat Internetan, atau Saat Menonton Film? Nah, untuk itu silahkan simak terlebih dahulu beberapa penjelasan tentang sebab-sebab terjadinya hang pada laptop/PC kamu ya!

Penyebab Laptop Hang

Sebelum ke pembahasan cara mengatasi laptop hang di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Ada baiknya jika meneliti apa penyebab dari laptop yang hang ini secara lebih mendalam. Berikut ini adalah penyebab yang bisa jadi menjadi pada laptop/PC kamu:

1. Minimnya RAM

cara mengatasi laptop hangPenyebab yang pertama adalah minimnya RAM yang terpasang. Ini bisa terjadi karena fungsi RAM pada laptop adalah untuk menyimpan aplikasi yang sedang berjalan. Laptop yang memiliki RAM kecil, sebaiknya memperhitungkan secara lebih matang sebelum menginstall aplikasi.

Karena jika laptop yang memiliki RAM terlalu kecil, akan sangat berat untuk menjalankan sebuah aplikasi yang memiliki ukuran yang cukup besar. Akan lebih baik jika mengetahui spesifikasi minimum laptop/PC terlebih dahulu untuk menginstall aplikasi.

Lihat Juga: 4 cara mematikan firewall windows 10, windows 8 dan windows 7

2. Terlalu Banyak Aplikasi

Penyebab laptop hang yang kedua adalah banyaknya aplikasi yang terinstall di laptop/PC kamu. Dengan menginstall banyak aplikasi, maka kapasitas hardisk yang terpasang akan semakin penuh.

Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa ketika hardisk penuh maka kinerja laptop akan menurun menjadi sangat lemot dan menyebabkan hang.

Jika kamu memiliki hardisk dengan ukuran yang kecil, alangkah baiknya untuk menginstall aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

3. Terlalu Lama Menyimpan File Temporary

Penyebab hang yang ketiga adalah terlalu banyak file temporary yang lama tersimpan di hardisk. Ini merupakan salah satu penyebab laptop kamu menjadi hang. Sebaiknya selalu periksa file-file yang kira-kira tersimpan lama di memory laptop untuk dibersihkan secara berkala.

4. Banyak Program Dan Service Yang Berjalan

Penyebab hang yang ketiga adalah banyaknya aplikasi yang berjalan di laptop/PC kamu. Ini juga biasanya menjadi penyebab salah satu laptop tiba-tiba menjadi hang dan tidak dapat dijalankan.

Jika laptop/PC kamu sedang menjalankan banyak program, sebaiknya silahkan tutup aplikasi yang tidak digunakan dan menjalankan aplikasi yang memang digunakan saja. Ini kemungkinan akan sedikit melegakan ruang RAM yang terpasang sehingga laptop bisa berjalan dengan normal.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi (Terampuh)

5. Virus, Malware, Dan Spyware

Penyebab laptop hang yang kelima adalah serangan virus, malware, spyware, ransomware. Biasanya ini bukan hal jarang terjadi pada laptop. Laptop yang terkena virus akan sangat mengganggu kinerja pada suatu laptop/PC.

Virus yang ada di dalam komputer biasa datang dari berbagai penjuru. Biasanya, laptop yang terkena virus akan seringkali digunakan untuk mendownload pada situs tertentu dan menjalankan software yang terinfeksi virus.

Nah, jika kamu belum tahu apa saja jenis-jenis virus yang menyebabkan hang pada laptop ini. Silahkan untuk menambah pengetahuan kamu terhadap jenis-jenis virus yang berbahaya ini.

Kamu bisa menggunakan antivirus untuk mencegah virus-virus tersebut menyerang laptop/PC kamu. Bagi pengguna Windows, silahkan aktifkan Windows Defender sebagai pengaman.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Setelah mengetahui apa penyebab dari laptop/PC yang hang. Sekarang tiba saatnya ke pembahasan cara mengatasi laptop hang di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Dan berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan:

1. Safe Mode

Cara mengatasi laptop hang yang pertama kamu bisa masuk ke Safe Mode untuk menjalankan ulang sistem laptop/PC kamu. Jika sistem operasi yang kamu gunakan adalah sistem operasi Windows, maka salah satu cara memperbaiki laptop hang Saat Baru Dinyalakan adalah dengan masuk ke Safe Mode.

Safe Mode merupakan cara yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah laptop kamu yang hang. Apalagi jika penyebab utamanya adalah driver yang tidak cocok atau kerusakan pada file sistem Windows.

Untuk masuk Safe Mode, silahkan restart laptop kamu, kemudian langsung tekan tombol F8 berkali-kali sampai muncul pilihan Safe Mode.

Jika sudah, silahkan lakukan repair atau perbaikan driver ataupun uninstall aplikasi yang bisa dianggap sebagai penyebab terjadinya hang. Dengan demikian maka laptop hang akan teratasi.

2. Uninstall Driver

Cara mengatasi laptop hang yang kedua kamu bisa uninstalldriver yang terpasang pada laptop/PC kamu. Driver yang tidak cocok dengan sistem operasi biasanya maupun hardware menyebabkan Not Responding.

Cara memperbaiki laptop yang hang, silahkan kamu bisa uninstalldriver yang dianggap tidak cocok dengan laptop. Setelah di uninstall, lanjutkan dengan install ulang driver yang sesuai dengan versi dan tipe laptop/PC kamu.

Agar terhindar dari masalah ini, kamu perlu mengetahui bit yang terpasang pada laptop kamu. Dengan memasang driver yang sesuai dengan bit pada sistem akan membuat laptop kamu berjalan dengan semestinya. Untuk dapat menemukan driver yang cocok, lihat pada Device Manager.

3. Install Ulang OS

Cara mengatasi laptop hang yang ketiga adalah menginstall ulang sistem operasi yang digunakan. Jika laptop sering hang dengan disertai munculnya pesan-pesan error, maka Windows mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, lakukan perbaikan pada file Windows tersebut.

Atau mungkin jika kamu pernah melakukan backup system pada laptop/PC, maka sebaiknya tidak perlu untuk menginstall ulang sistem dan hanya cukup untuk merestorenya. Namun, jika belum pernah, maka silahkan menginstall ulang sistem.

4. Upgrade RAM

Cara mengatasi laptop hang yang keempat adalah upgrade RAM yang ada. Jika kebetulan laptop/PC kamu terpasang RAM kecil, maka segera mungkin untuk menambah kapasitas RAM agar tidak terjadi hang.

RAM ini memiliki fungsi untuk menyimpan data aplikasi yang digunakan secara sementara. Jika aplikasi yang dijalankan semakin banyak, maka semakin semakin banyak pula penggunaan ruang RAM yang disediakan.

Biasanya laptop/PC yang memiliki ukuran RAM sebesar 2GB akan sangat berat ketika menjalankan sebuah program secara sekaligus. Jika dipaksa, maka resikonya, laptop akan menjadi lemot dan terjadi hang.

Untuk mengatasinya, silahkan lakukan upgrade ukuran RAM menjadi 2x lebih besar dari yang terpasang. Misal jika kamu sebelumnya menggunakan kapasitas RAM sebesar 2GB, maka lakukan penambahan RAM menjadi 4GB atau bisa lebih.

Pelajari Juga: 17 Cara Menggunakan CMD Seperti Hacker (Pemula Auto Pro)

5. Cek Hardisk

 cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan

Cara mengatasi laptop hang yang kelima adalah memeriksa hardisk yang terpasang. Sebuah hardisk tidak akan selamanya dapat digunakan dan ada kalanya harus diganti dengan yang lebih baru. Tanpa diperiksa dan diteliti, akan sangat sulit mengindentifikasinya.

Jika kamu hendak memeriksa hardisk yang terpasang, silahkan gunakan sebuah aplikasi untuk mengecek apakah hardisk yang kamu gunakan masih layak atau tidak. Gunakan aplikasi yang bernama ‘Hardisk Sentinel’.

Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi Hardisk Sentinel di laptop/PC kamu, kemudian jalankan. Maka nantinya Hardisk Sentinel akan menunjukkan kondisi dari hardisk yang terpasang di laptop/PC kamu.

Jika terlihat yang terlihat adalah 100%, itu artinya kesehatan hardisk masih normal. Namun, jika dibawah 99%, maka itu artinya sudah harus diwaspadai.

Dan jika kondisi hardisk sudah dibawah 99% kamu perlu mempertimbangkan untuk mengganti hardisk yang terpasang sebelum terjadi banyak masalah yang akan terjadi selanjutnya.

Lihat Juga: 4 Cara Menghapus Windows Old Dengan Cepat Terbaru (Praktis dan Aman)

Nah, itulah cara mengatasi laptop hang di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Silahkan kenali penyebab yang terjadi pada laptop/PC kamu sebelum memperbaikinya.

Misalnya saja jika Not Responding, kursor Tidak Bergerak, Tidak Bisa Dimatikan, Layar Hitam, hang Saat Baru Dinyalakan, dan lain sebagainya. Sekian dan terima kasih!

Leave a Comment