Cara Menghapus Windows Old

Apakah kalian sudah mengupgrade komputer atau laptop ke Windows terbaru? Jika ya, pernahkah kalian bertanya-tanya kemana perginya OS lama setelah instal ulang? Apa menghilang begitu saja atau bagaimana? Ternyata tidak.

Ketika kalian selesai melakukan upgrade dari Windows lama ke Windows terbaru atau setelah upgrade di Windows 10. Kalian akan mendapati sebuah folder bernama Windows.Old di sistem komputer. Folder ini salinan dari versi Windows lama yang tidak bisa dihapus.

Saat mencoba menghapusnya, akan muncul peringatan seperti ini “Folder Access denied-You need permission to perform this action”. Cara menghapus Windows Old dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, penasaran? Langsung simak ulasan berikut, check this out!

Apa Itu Windows Old?

windows old tidak muncul di disk cleanup

Setelah upgrade Windows 7 ke versi lebih tinggi semisal Windows 8 atau pada Windows 10 kemungkin kalian akan menemukan dan memiliki folder Windows Old pada drive sistem.

Selain itu melakukan refresh pada Windows 8, sering menginstal Windows 8 dan tidak memformat partisi yang telah terinstal windows sebelumnya, juga menjadi penyebab sistem kalian memiliki folder Windows.old ini.

Tidak hanya pada Windows 8 saja sering mengalami masalah ini. Akan tetapi pada sistem operasi versi lebih tinggi seperti Windows 10 atau lebih rendah seperti di Windows 7 terkadang juga sering dijumpai folder Windows Old yang tidak bisa dihapus.

Jadi kita tidak perlu menginstal lagi aplikasi pihak ketiga. Dengan menggunakan beberapa aplikasi bawaan Windows, dijamin cara ini cukup efektif sehingga kemungkinan besar akan dapat menghapus folder Windows Old di komputer kalian.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error (Status 0xc00000e Hilang)

Fungsi Windows Old

Lalu apa sih sebenarnya kegunaan dari Windows Old? Secara tidak langsung memang tidak lebih dari gangguan yang menyebabkan kapasitas harddisk berkurang. Namun kegunaan atau fungsi Windows Old adalah sebagai solusi bagi kalian mencari data hilang setelah instal ulang.

Mungkin pada waktu itu kalian memiliki data penting dan lupa untuk memindahkannya. Memang masih ada beberapa cara lain bisa dilakukan untuk menyelamatkan file. Namun Windows Old solusi terbaik dan mudah dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara Menghapus Windows Old di Windows 10, 8, 7

Terdapat beberapa cara menghapus Windows Old, namun sebelum melakukannya kalian periksa kembali file atau beberapa instalasi software penting. Jika sudah, langsung simak caranya satu per satu. Check it out!

1. Disk Cleanup

Cara menghapus Windows Old pertama yaitu dengan menggunakan Disk Cleanup. Bagaimana langkah-langkahnya?

Cara dibawah dapat dipraktekkan pada sema versi Windows. Nah, gak usah berlama-lama, langsung simak penjelasan berikut.

  • Firstly, buka ‘Windows Explorer’ dan klik drive Local Disk C disini biasanya kalian dapat menemukan folder Windows Old.

  • Klik kanan dan pilih ‘Properties’ dan kalian akan lihat besar file Windows Old. Jika sudah klik ‘OK’.

  • Buka program Disk Cleanup.

Pelajari juga: 5 Cara Mengatasi No Bootable Device Laptop/Komputer (Simple dan Aman)

Berikutnya klik kanan pada drive Local Disk C, pilih Properties, dan klik Disk Cleanup. Opsi lainnya pergi ke menu pencarian dan ketik ‘Disk Cleanup’. Setelah program terbuka silahkan pilih drive instalasi Windows untuk dihapus Windows Old-nya.

  • Klik ‘Clean Up System Files’.

Setelah Disk Cleanup diklik maka sistem akan membuka jendela baru berisikan informasi file-file yang bisa dihapus. Tetapi file Windows Old tidak akan muncul disini melainkan harus digali lebih dalam lagi dengan mengklik ‘Clean up system files’.

Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses pencarian direktori Windows Old ditemukan oleh sistem. Jika file sampah sebelumnya berukuran kecil-kecil, namun jumlahnya akan bertambah sangat besar saat file Windows Old muncul.

  • Hapus Windows Old

Setelah tampilan berisi file-file yang bisa dihapus muncul, pilihlah sesuai keinginan kalian file untuk dihapus dari sistem dan jangan lupa untuk centang opsi ‘Previous Windows Instalations’.

Biasanya file Windows Old ini ukurannya adalah 9GB hingga 25GB atau lebih. Jika sudah klik ‘Ok’ lalu konfirmasi petunjuk selanjutnya.

  • Berikutnya muncul jendela notifikasi. klik ‘Delete Files’. Kemudian muncul lagi jendela notifikasi untuk mengkonfirmasi penghapusan dan klik ‘Yes’.

  • Setelah itu, tinggal tunggu saja prosesnya sampai selesai. Lama waktunya sendiri variatif, kadang cepat dan kadang juga lambat. Tergantung dari seberapa besar kapasitas folder Windows Old tersebut. Rata-rata nggak sampai 10 menit folder akan selesai terhapus.

  • Kalau sudah, silakan restart komputer atau laptop kalian. Kemudian, cek lagi drive sistemnya. Dijamin deh sekarang kapasitasnya sudah lebih lega.

2. Menggunakan CMD

Jika Windows Old tidak muncul di Disk Cleanup, maka cara menghapus Windows Old berikutnya dapat dilakukan dengan CMD. Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan, check this out!

  • Firstly, buka dulu Command Prompt. Ketik pada keyboard ‘Windows+R’, lalu ketik ‘CMD’ dan klik ‘OK’.

  • Pada halaman CMD, ketikkan perintah ‘takeown /F C:\\Windows.old\\* /R /A’, lalu tekan ‘Enter’ pada keyboard.

  • Setelah akses Windows Old berhasil diberikan, masukkan perintah ‘cacls C:Windows.old*.* /T /grant administrators:F’, lalu tekan Enter. Setelah ada pesan konfirmasi, ketik ‘Y’, lalu tekan ‘Enter’ lagi.

  • Masukkan perintah ‘rmdir /S /Q C:Windows.old’, lalu tekan Enter.

  • Jika sudah, tinggal tunggu saja prosesnya sampai selesai, kemudian restart komputer atau laptop kalian seperti biasa.

3. Storage Sense

Buat komputer atau laptop dengan versi Windows 10 Fall Creators Update keatas, maka cara menghapus Windows Old berikutnya dapat dilakukan dengan Storage Sense. Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan, check this out!

  • Firstly, klik tombol menu lalu pilih ikon ‘Setting’. Setelah masuk ke tampilan baru, pilih ‘System’.

  • Pada tampilan menu System di sebelah kiri, pilihlah Storage. Lalu pada bagian Storage Sense, klik ‘Free up space now’. Tunggu hingga sistem selesai melakukan scanning dan menampilkan file-file yang bisa dihapus termasuk Windows Old.

  • Setelah semua file yang bisa dihapus muncul, centang atau pilih file mana saja untuk dihapus. Jika sudah klik ‘Remove files’. Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil menghapus file-file tersebut. Selesai sudah proses penghapusan.

Pelajari Juga: 12 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca (Cepat dan Aman)

4. Iobit Unlocker

Cara menghapus Windows Old alternatif berikutnya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Iobit Unlocker. Aplikasi ini sangat ringan (sekitar 3MB) dan Support untuk berbagai jenis Windows, berikut langkah-langkahnya.

  • Jika kalian belum memiliki aplikasi Iobit Unlocker maka download terlebih dahulu aplikasi Iobit Unlocker.

  • Klik kanan pada folder Windows Old. kemudian pilih Iobit Unlocker. Klik Unlock dan biarkan aplikasi berjalan, sehingga status folder Windows Old kini sudah berubah menjadi unlock.

cara menghapus windows old

  • Setelah berubah menjadi ‘Unlock’. Maka folder Windows Old sudah bisa dihapus dengan mudah. Cukup dengan klik dan delete seperti pada cara menghapus file atau folder pada umumnya. Cara ini selalu berhasil untuk menghapus folder apapun.

Lihat Juga: 14 Emulator Android Ringan Terbaik (Untuk Gamers)

Cara menghapus Windos Old diatas bisa digunakan pada semua versi Windows. Memang Folder Windows.Old ini memakan banyak kapasitas memori. Namun, sebelum menghapusnya, kalian bisa merestore beberapa instalasi software sebelumnya tanpa harus menginstalnya lagi.

Namun, jika memang tidak penting kalian bisa langsung menghapusnya setelah upgrade Windows. Tapi ingat, jika file ini terhapus kalian tidak bisa melakukan rollback ke versi Windows sebelumnya.

Leave a Comment