Cara Remote Desktop

Pernahkah kalian mengetahui, ada orang yang bisa mengakses komputer lain dengan komputer yang saat ini sedang dipakainya? Cara ini bisa disebut dengan remote desktop dan pada kesempatan ini kita akan membahas cara remote desktop untuk Windows 10.

Orang biasa menyebutnya dengan Remote Desktop Protocol atau Remote Desktop Connection Windows 7, 8, 10 dan versi Windows lain. Ini merupakan salah satu fitur Windows yang memungkinkan untuk bisa mengakses desktop komputer secara remote dengan komputer lain.

Hal ini tentu sangat berguna bagi kalian yang mempunyai mobilitas pekerjaan yang tinggi dan tanpa harus berpindah-pindah komputer jika ingin mengakses komputer yang lainnya dengan jarak jauh. Cara ini dirasa sangat efektif dan tentunya dapat mempermudah pekerjaan kalian.

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu remote desktop dan bagaimana cara remote desktop Windows 10 dengan mudah.

Apa itu Remote Desktop?

remote desktop dengan android

Seperti yang telah disinggung di atas, RDP atau Remote Desktop Protocol yang memungkinkan untuk mengakses desktop sebuah komputer dengan komputer yang lainnya. Kalian bisa melakukan input keyboard, klik mouse, menjalankan aplikasi, reboot dan sebagainya dari komputer lain.

Perlu kalian tahu, meskipun semua edisi Windows 10 bisa digunakan sebagai Remote Desktop Client, atau sebagai pemegang remote desktop, namun untuk menyambung ke komputer tersebut diperlukan setidaknya Windows 10 Pro atau Enterprise.

Untuk menyambung ke RDP Windows 10, kalian tidak diharuskan menggunakan sistem operasi yang sama, kalian juga dapat menggunakan versi Windows yang lebih lama seperti Windows 7, Windows 8.1, bahkan Linux sekalipun.

Windows 10 Pro dilengkapi dengan software remote desktop client dan server bawaan sehingga kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lagi. Namun, ada juga yang memanfaatkan aplikasi atapun software tambahan untuk bisa mengakses remote desktop ini.

Cara Remote Desktop Windows 10

Diatas adalah sedikit penjelasan tentang apa itu remote desktop. Jika ingin menggunakan Remote Desktop Protocol pada PC atau Laptop Windows 10, berikut adalah beberapa tahapan yang harus bisa kalian lakukan

1. Windows 10 Tanpa Aplikasi

  • Langkah pertama, kita harus memberikan perintah pada Windows agar membuka port 3389 (RDP). Caranya dengan membuka jendela Run dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan. Jika jendela Run sudah terbuka, ketik perintah di bawah ini:

  • Jika sudah, perintah di atas akan membuka Advanced System Properties, kemudian disini kalian buka tab Remote.
  • Langkah selanjutnya, di bagian Remote Desktop, centang opsi Allow remote connections to this computer, untuk mengizinkan fitur remote desktop. Secara default opsi ini tidak tercentang jadi kalian harus mencentangnya.

Baca Juga: 4 Cara Update Driver Laptop Windows Terbaru

  • Jika kalian ingin menyambungkan ke komputer ini dari Windows Vista atau Windows XP, hapus centang pada bagian “Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication“.

  • Pengguna dengan hak administrator sudah masuk ke dalam list pengguna yang boleh menyambung ke komputer ini.
  • Kalian pun juga bisa mengaksesnya dengan multi session pada Windows 7 atau Windows lainnya, dengan mengatur jumlah users yang diijinkan untuk meremot komputer tersebut.

  • Klik OK pada semua jendela dan coba sambungkan RDC komputer barusan menggunakan komputer lain. Dengan cara buka di pencarian Remote Desktop Connection, kemudian klik menu tersebut.

  • Masukkan nama device yang telah kalian remote, dan kalian berhasil meremote komputer yang telah kalian atur tadi.

2. Aplikasi Teamviewer

TeamViewer merupakan aplikasi yang digunakan untuk me-remote Desktop dari jarak jauh. Kita bisa mendapat akses desktop komputer lain dengan koneksi internet. TeamViewer bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi remote desktop yang paling populer.

Selain mudah digunakan, Teamviewer juga menawarkan banyak fasilitas seperti kemampuan mengambil tampilan layar, mentransfer berkas, dan dukungan pencetakan pada edisi tertentu.

Nah berikut cara supaya kita bisa meremote desktop dengan menggunakan aplikasi Teamviewer.

  • Langkah yang pertama unduh terlebih dahulu software Teamviewer www.teamviewer.com.
  • Jika sudah silahkan install terlebih dahulu di komputer yang ingin kalian akses untuk remote desktop di komputer yang lain. Kalian bisa memilih opsi default saat menginstal.

  • Setelah kalian selesai menginstal, TeamViewer akan menampilkan Your ID dan Password. Your ID adalah ID atau identitas dari komputer bersangkutan, sedangkan Password adalah password alias kata kunci yang perlu saat me-remote desktop-kan komputer tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Extract File Mudah dengan Windows dan Android

  • Jika sudah berhasil install Teamviewer di kedua komputer, Kalian bisa memasukkan identitas komputer yang akan di remote, di komputer yang digunakan untuk menerima, lalu memasukkan Password yang muncul.

  • Jika remote desktop telah bekerja, kalian bisa menggunakan komputer yang diremote dari komputer yang digunakan untuk menerima, seolah seperti berada di depan komputer yang diremote tersebut.

  • Agar remote desktop tetap bisa dilakukan meski komputer yang diremote melakukan restart, misalnya karena melakukan pembaruan, masuk ke Extras > Options > General lalu mencentang Start TeamViewer with Windows.
  • Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan kata kunci dan jangan lupa menekan OK. Ketika komputer kantor melakukan restart dan belum log in ke Windows, kalian tetap dapat melakukan remote desktop padanya. Namun, kata kunci yang dimasukkan pada

  • Jendela Password yang muncul pada TeamViewer komputer yang kalian gunakan untuk meremote adalah kata kunci yang baru saja kalian buat tadi.
  • Selanjutnya, Anda bisa melakukan log in ke Windows pada komputer kantor itu dengan memasukkan kata kunci komputer kantor bersangkutan.
  • Agar komputer yang diremote tidak tidur, hibernasi, atau sejenisnya, pastikan opsi tersebut telah dimatikan. Pasalnya, untuk terkoneksi ke komputer kantor pada saat komputer kantor mati, tidur, atau sejenisnya harus menyalakan kembali secara manual.

Pelajari Juga: 3 Cara Membuka Password RAR (100% Ampuh)

Cara Remote Desktop dengan Android

Selain dengan PC atau Laptop, ternyata komputer yang telah diizinkan untuk di remote bisa juga diakses melalui android loh. Kalian bisa mengakses desktop layaknya komputer hanya dengan bermodalkan android. Penasaran?

  • Langkah yang pertama, kalian unduh Microsoft RDP di Google Play Store.

cara remote desktop

  • Jika sudah terpasang, selanjutnya jalankan aplikasi tersebut dan tekan ikon +.

  • Kemudian, kalian pilih menu Desktop dan isikan IP address. Pilih tombol Save.

  • Lalu, kalian akan disurun mengisikan Username PC dan password yang telah di setting pada cara yang sudah dibawas sebelumnya, pada Logo yang muncul. Kemudian kalian tekan Connect dan anda telah sukses terkoneksi dengan PC.

  • Dengan menggunakan cara ini, kita bisa mengontrol PC Windows 10 dari ponsel Android manapun dan tentunya tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan di PC.

Lihat Juga: 6 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer (Windows 10, 8, 7)

Itu tadi sedikit pembahasan tentang cara remote desktop yang bisa kalian akses dengan komputer lain atau pun dengan menggunakan android. Dengan demikian kalian tidak perlu susah payah lagi untuk melakukan pekerjaan di beberapa komputer yang berbeda.

Semoga sedikit ulasan diatas dapat membantu kalian untuk mengetahui cara remote desktop dengan mudah. Selamat mencoba:)

Leave a Comment