Cara Update Driver

Salah satu aspek penting untuk mendukung performa sebuah laptop adalah driver. Driver tidak lain sebagai otak atau roh penggerak performa dari laptop. Kinerja dari sebuah laptop akan semakin maksimal jika driver yang dipakai adalah versi terbaru sehingga perlu cara update driver.

Driver tidak ubahnya seperti perantara antara kalian dengan hardware yang ada di laptop. Jika driver ini bermasalah maka sudah bisa dipastikan hardware tersebut tidak akan bisa berfungsi seperti harapan.

Beberapa driver yang sering diperhatikan dalam sebuah perangkat laptop seperti windows, driver grafis atau VGA, sound. LAN, bluetooth, dan lain sebagainya. Sehingga kalian harus rajin untuk mengecek versi driver yang sedang dipakai di laptop, jangan sampai terjadi error di laptop.

Cara Mudah Update Driver Laptop

update driver laptop asus

Berbicara mengenai cara update driver laptop maka akan ada beberapa pilihan cara yang bisa kalian lakukan , mulai dari cara otomatis ataupun manual. Selain itu kalian juga bisa mengupdate driver laptop kalian dengan metode online ataupun secara offline.

Cara update ini bisa memperbarui banyak hardware laptop yang meliputi driver VGA (Intel, AMD, Nvidia), sistem operasi laptop seperti windows 7 dan windows 8, card reader, touchpad, network adapter, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Cara Extract File Mudah dengan Windows dan Android

Jangan tunggu sampai terjadi error di laptop kalian lantaran ada driver hardware yang tidak diperbarui sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. Jika kalian masih bingung cara updatenya, berikut beberapa cara update driver laptop yang bisa kalian coba:

1. Update Driver Laptop langsung dari Situs Resmi

Cara update driver yang pertama akan dibahas dalam kesempatan ini adalah cara update seluruh driver laptop langsung dari situs resmi merk laptop tersebut. Cara ini dijamin aman dan semua driver pasti kompatibel dengan seri laptop kalian.

  • Tahapan pertama adalah kalian cek terlebih dahulu seri atau tipe laptop tersebut, biasanya informasi mengenai seri laptop ini ada di samping kanan atau kiri dari touchpad. Biar semakin jelas seperti dalam gambar berikut ini:

  • Jika kalian sudah tahu detail dari seri laptop yang dimiliki, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka browser laptop kemudian buka Google dan masukkan kata kunci pencarian dengan format “driver (merk laptop) (tipe atau seri lapto)” kemudian “Enter”

  • Setelah itu Google akan mulai melakukan pencarian driver yang dimaksud. Kalian pilih driver yang benar-benar berasal dari situs resmi laptop. Misalnya laptop merk HP berarti drivernya juga harus berasal dari situs HP tersendiri.

  • Jika sudah kalian klik tautan resminya, maka akan muncul satu paket driver yang kompatibel untuk laptop kalian. berikutnya kalian tinggal klik “Download” saja. Maka secara otomatis driver laptop kalian sudah di update dengan driver terbaik dari situs resminya.

Pelajari Juga: 3 Cara Membuka Password RAR (100% Ampuh)

2. Update Driver Laptop dengan Device Manager

Cara update driver laptop yang selanjutnya adalah update dengan device manager yang ada di laptop, pada kesempatan kali ini dicontohkan pada laptop windows 8, namun cara ini juga diterapkan pada seluruh versi windows. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah dengan membuka laptop kalian dan pastikan jika laptop tersebut terkoneksi dengan internet. Selanjutnya kalian buka “Control Panel” kemudian pilih “Hardware and Sound”

  • Kemudian akan terbuka menu “Hardware and Sound” setelah itu cari “Device and Printer” selanjutnya klik “Device Manager” yang letaknya ada di sebelah kanan layar

  • Lalu akan terbuka menu “Device Manager” di halaman ini akan muncul seluruh hardware yang sudah terinstall dan terkoneksi dengan perangkat laptop kalian. berikutnya kalian pilih salah satu driver yang ingin di update, misalnya “Display Adapter” lalu klik.

  • Selanjutnya klik kanan pada “Display Adapters” kemudian klik “Update Driver”

  • Setelah itu akan muncul popup windows. Jika kalian mau update driver secara offline maka kalian klik “Browser my computer for driver software”, dengan catatan kalian sudah memiliki driver terbaru VGA Intel.
  • Jika belum memiliki driver paling update maka kalian pilih opsi “Search Automatically for update driver software”. Maka driver tersebut akan di update otomatis secara online

  • Setelah itu windows akan membantu kalian mencari dan menemukan software driver VGA terbaru. Kemudian kalian tinggal menunggu beberapa saat sampai proses update driver VGA online selesai.

  • Ketika proses update driver VGA selesai maka kalian akan mendapatkan notifikasi bahwa driver VGA yang terinstall di laptop kalian adalah versi terbaru. Jika kalian menganggap sudah selesai maka tinggal klik “Close” yang ada di pojok kanan bawah jendela.

3. Update Driver Laptop dengan Driver Booster

Cara driver laptop berikutnya adalah dengan menggunakan Driver Booster. Aplikasi driver booster ini membantu kalian yang tidak memiliki CD driver laptop, sehingga kalian tetap update driver meskipun tanpa CD Driver. Berikut langkah-langkah:

  • Langkah pertama adalah dengan mengunduh aplikasi Driver Booster di internet kemudian install di laptop kalian,
  • Setelah berhasil menginstall langsung buka dan jalankan aplikasinya, kemudian kalian pilih “Scan” lalu tunggu beberapa saat hingga proses pencarian selesai

  • Jika proses scanning selesai maka kalian akan mendapatkan laporan mengenai keadaan driver kalian apakah sudah versi terbaru ataukah memang perlu update. Dicontohkan pada gambar di bawah ini adalah adalah salah satu driver yang perlu diperbarui.

  • Maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah klik “Update all” dan secara otomatis driver tersebut akan mulai di update. Kalian tinggal menunggu saja hingga proses selesai dan yang paling penting laptop harus tersambung dengan internet stabil agar prosesnya cepat.

4. Update Driver dengan SlimDrivers

Cara terakhir yang bisa kalian coba untuk update driver laptop dengan cepat dan mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi bantuan yang bernama SlimDrivers. Aplikasi ini bisa update semua driver hanya dengan satu kali klik saja. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Pertama kali adalah download dan install terlebih dahulu aplikasi SlimDrivers di laptop kalian,
  • Setelah berhasil dipasang langsung buka dan mulai jalankan, selanjutnya kalian klik “Start Scan” untuk memulai pencarian driver laptop kalian dan tunggu hingga prosesnya selesai.

  • Ketika selesai proses pencariannya maka kalian tinggal klik “Download Update” pada driver yang perlu untuk diupdate. Tunggu hingga proses download selesai maka driver laptop kalian sekarang sudah diperbarui.

cara update driver

Lihat Juga: 6 Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer (Windows 10, 8, 7)

Cara Cek Versi Driver Update

Jika kalian masih ragu apakah driver laptop sudah update atau belu, maka kalian dapat mengeceknya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah kalian bisa melakukannya lewat device manager yang ada di laptop.

Langkah-langkah mengecek versi driver di laptop dengan device manager adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama kali kalian buka Device Manager di laptop

  • Kemudian driver VGA kalian untuk dicek versinya

  • Setelah itu klik kanan lalu pilih “Properties”

  • Selanjutnya kalian akan dibawa masuk ke dalam tab “Drivers” yang akan menunjukkan detail dari versi drivernya seperti yang dicontohkan berikut ini:

Setelah itu ada baiknya kalian mengecek kembali versi driver laptop kalian pada situs resminya, jika hasilnya sama maka memang sudah saatnya kalian update driver.

Baca Juga: 4 Cara Download Minecraft di Laptop/ PC

Akhirnya, selesai sudah semua pembahasan mengenai cara update driver laptop windows semua versi mulai dari windows 7 hingga windows 10. Secara umum kalian bisa memperbarui driver secara manual ataupun otomatis dengan sangat mudah dan cepat.

Sekali lagi cara update driver laptop ini bisa menjadi solusi terbaik ketika laptop kalian mulai bermasalah dengan beberapa hardware yang error saat mau digunakan.

Leave a Comment