Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 ini sangat penting untuk memperbaiki Wifi di laptop/PC kamu tiba-tiba mati dan tidak bisa dikoneksikan dengan jaringan internet yang normal.

Sebelum kamu memperbaiki, ketahui terlebih dahulu penyebab tertentu kenapa jaringan Wifi tidak dapat tersambung. Bisa karena jaringan yang error, atau sudah melampaui limited access, dan masih banyak yang lainnya.

Sebelum mencoba cara-cara di bawah ini, silahkan periksa terlebih dahulu apakah Wifi laptop kamu sudah aktif atau belum. Periksa juga lampu indikator Wifi, jika tidak menyala itu berarti ada kerusakan pada perangkat hardwarenya.

Atau silahkan mencoba juga untuk mereset router yang kamu gunakan, dan juga install ulang Windows di laptop/PC.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Nah, jika cara diatas tidak berhasil, silahkan coba untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara-cara yang ada di bawah ini!

1. Setting Ulang Jaringan Internet

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi yang pertama adalah mengubah pengaturan dari internetnya. Biasanya masalah ini sering terjadi karena pengaturannya yang kurang tepat. Silahkan atur ulang pengaturan internetnya dengan cara mengubah dari manual menjadi otomatis.

  • Pertama ‘Klik Kanan’ pada icon Wifi yang ada di pojok kanan bawah layar, lalu pilih ‘Open Network & Internet settings’.

laptop tidak bisa connect wifi

  • Pada opsi ‘Change your network settings’, silahkan pilih menu ‘Change adapter options’.

Pelajari Juga: 17 Cara Menggunakan CMD Seperti Hacker (Pemula Auto Pro)

  • Pada saat berada pada ‘Network Connections’, pada opsi ‘Wifi’ silahkan ‘Klik Kanan’ dan pilih ‘Properties’.

  • Klik dua kali pada ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)’, kemudian aktifkan fitur otomatisnya dengan memilih ‘Obtain and IP address automatically’ dan ‘Obtain DNS server address automatically’ agar IP Address dan DNS pada Wifi dapat di setting secara otomatis.

2. Mengubah Jaringan Wifi

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi yang kedua kamu bisa mengubah saluran dari Wifi yang tersambung. Berikut langkah-langkahnya:

  • Yang pertama ‘Klik Kanan’ pada logo Windows, kemudian pilih ‘Device Manager’.

  • Saat jendela ‘Device Manager’ muncul, silahkan pilih menu ‘Network Adapters’, kemudian cari driver jaringan Wifi yang telah terinstall. Jika sudah, lalu ‘Klik kanan’ dan lalu pilih ‘Properties’.

  • Selanjutnya klik ‘Advance’, lalu ganti opsi ‘Value’ menjadi ‘Disabled’, kemudian klik ‘OK’. Jika sudah lakukan restart pada laptop kamu dan coba koneksikan lagi ke jaringan Wifi yang kamu gunakan.

Lihat Juga: 4 Cara Menghapus Windows Old Dengan Cepat Terbaru (Praktis dan Aman)

3. Install Ulang Driver Wifi

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi yang ketiga kamu bisa menginstal ulang driver yang sudah terpasang di laptop kamu. Biasanya masalah perangkat driver ini juga sering terjadi masalah. Langkahnya silahkan lakukan tutorial berikut:

  • Yang pertama sebelum melakukan proses uninstall, silahkan siapkan terlebih dahulu sebuah file driver khusus merek laptop yang kamu punya pada situs resminya, atau juga bisa menggunakan software driver seperti DriverPack Solutions dan sejenisnya.
  • Jika sudah punya drivernya, silahkan lanjut dengan ‘Klik Kanan’ logo Windows, lalu pilih menu ‘Device Manager’. Lihat gambar berikut:

  • Pada jendela ‘Device Manager’ silahkan cari terlebih dahulu driver Wifi yang telah terinstall. Caranya klik ‘Network Adapters’. Kemudian ‘Klik Kanan’ pada driver yang ingin diuninstall, kemudian pilih ‘Uninstall device’.
  • Jika sudah, silahkan tunggu hingga prosesnya berjalan sampai selesai. Dan kemudian lakukan restart pada laptop kamu. Ketika laptop sudah menyala, silahkan install kembali driver Wifi untuk merek laptop yang kamu gunakan.

4. Reset Koneksi Wifi

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi yang keempat silahkan reset atau atur ulang koneksi yang ada. Jika muncul keterangan limited access pada jaringan Wifi, mungkin bisa jadi itu disebabkan banyaknya cache data Wifi yang ada pada laptop kamu.

Hal ini biasanya memicu ada BUG pada penerimaan sinyal Wifi. Untuk itu silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Yang pertama buka program ‘Command Prompt’ terlebih dahulu, dengan cara tekan tombol ‘Ctrl+R’ pada keyboard, kemudian ketikkan ‘cmd’ lalu tekan ‘OK’ atau ‘Enter’. Lihat gambar berikut:

  • Jika program ‘Command Prompt’ sudah terbuka, lanjutkan dengan memasukkan perintah ‘netsh winsock reset catalog’, lalu tekan ‘Enter’. Lihat gambar:

  • Langkah selanjutnya masih di program ‘Command Prompt’. Masukkan perintah ‘netsh int ipv4 reset reset.log’, lalu kemudian tekan ‘Enter’. Jika sudah selesai, tutup program ‘Command Prompt’, dan silahkan restart laptop.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error (Status 0xc00000e Hilang)

5. Restart Router

laptop tidak bisa connect wifi windows 10

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi yang kelima melakukan restart pada router yang digunakan. Ini merupakan cara alternatif jika cara-cara diatas masih tidak membantu. Masalah pada router ini sudah sering terjadi karena router Wifi yang sudah terlalu lama menyala.

Untuk melakukan restart pada router, silahkan cari tombol pada router yang kamu gunakan, lalu tunggu hingga router menyala kembali.

Dengan melakukan cara ini, kemungkinan jaringan Wifi yang kamu gunakan bisa teratasi. Jika belum berhasil silahkan panggil teknisi layanan Wifi agar dapat membantu masalah jaringan Wifi yang tidak dapat tersambung ini.

Pelajari juga: 5 Cara Mengatasi No Bootable Device Laptop/Komputer (Simple dan Aman)

Demikian beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa connect Wifi di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 yang tiba-tiba mati dan tidak bisa dikoneksikan dengan jaringan internet yang normal.

Sebelum kamu memperbaiki, ketahui terlebih dahulu penyebab tertentu kenapa jaringan Wifi tidak dapat tersambung, lalu lakukan cara diatas satu persatu sampai masalahnya hilang. Sekian dan selamat mencoba!

Leave a Comment